Kamis, 23 Februari 2012

WAJAH LEBIH TUA DARI USIA TANDA TAK SEHAT ?


Wajah yang segar dan tampak lebih muda dari usia sebenarnya sering dianggap sebagai kesehatan yang prima. Lantas, apakah orang yang wajahnya terlihat lebih tua berarti tubuhnya tidak sehat? Tidak juga ternyata. 

Bila Anda terlihat satu atau dua tahun lebih tua dari usia sebenarnya, Anda masih termasuk sehat. Beda halnya jika wajah Anda terlihat 10 tahun lebih tua dari usia. "Dokter memang bisa menduga status kesehatan seseorang dari wajah. Hanya mereka yang tampangnya 10 tahun lebih tua saja yang tergolong kesehatannya buruk," kata Dr.Stephen Hwang, peneliti dari Kanada.

Dari penelitian yang dilakukannya, 99 persen orang yang terlihat 10 tahun lebih tua dari usia sebenarnya  memiliki kesehatan fisik dan mental yang buruk. Penelitian dilakukan terhadap 126 orang berusia 30-70 tahun. 

Para responden dalam penelitian ini diperiksa kesehatannya kemudian foto para responden ini diberikan kepada 58 dokter untuk menebak berapa usia para responden. Para dokter juga akan menebak kondisi kesehatan para responden.

Ternyata para dokter itu tidak bisa memprediksi status kesehatan pasien yang wajahnya terlihat 5 tahun lebih tua dari usia aktualnya. Namun, secara akurat dokter mengetahui status kesehatan orang yang tampanya terlihat lebih tua 10 tahun. 

"Dokter memang terkadang membuat penilaian kesehatan dari wajah pasien. Namun mereka tidak bisa mengatakan orang yang terlihat awet muda pasti sehat dan orang yang terlihat lebih tua memiliki penyakit," katanya. (
http://health.kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar